Faktor yang Menentukan Harga Pembuatan Katalog

Harga pembuatan katalog tentunya sangat beragam. Hal ini tentunya akan menjadi bahan pembicaraan oleh beberapa pemesan jasa percetakan. Mereka pasti beranggapan dengan beragamnya harga tersebut terhadap keuntungan yang akan dihasilkan. Hal inilah yang membuat pengusaha enggan melakukan bisnis lewat buku katalog. Namun, sebenarnya harga tersebut berbanding lurus dengan proses dan bahan yang digunakan. Dalam artikel ini akan dijelaskan faktor penentu harga tersebut.

Faktor penentu harga pembuatan katalog sebenarnya hasil dari perhitungan pihak penyedia jasa percetakan dengan memperhatikan berbagai hal. Adapun hal yang di perhatikan yaitu:

  1. Desain dan edit.

Desain dan edit gambar merupakan penentu harga yang paling tinggi dalam proses pembuatan katalog. Hal ini di karenakan proses desain dan pengeditan gambar merupakan hal yang memerlukan proses yang cukup lama. Selain itu perlu adanya imajinasi yang tinggi sehingga tampilan yang dihasilkan menjadi menarik. Biasanya penyedia jasa memberikan nilai harga tersendiri untuk proses ini.

  1. Bahan yang digunakan dalam mencetak hasil desain.

Harga juga berpengaruh pada bahan atau kertas yang biasa digunakan dalam hal mencetak dan membukukan produk. Bahan atau kertas dengan kualitas yang baik akan memberikan nilai harga yang tinggi. Sedangkan kertas dengan kualitas rendah juga akan menghasilkan harga yang rendah. Selain itu tinta yang digunakan juga biasa di perhatikan. Tinta yang baik akan menghasilkan kualitas warna yang baik pula.

  1. Jumlah buku katalog yang dicetak.

Jumlah buku yang di cetak juga berpengaruh terhadap harga percetakan. Biasanya jumlah cetakan yang banyak akan mendapat harga yang murah di banding dengan harga dengan jumlah cetak yang sedikit. Hal ini dikarenakan pembelian bahan dengan jumlah yang banyak biasanya mempunyai harga yang berbeda. Sedangkan pembelian jumlah sedikit biasanya dikenakan dengan harga setiap biji. Dengan hal tersebut maka harga setiap biji jika di jumlah akan lebih mahal daripada harga satu paketnya.

Demikian uraian dari faktor yang mempengaruhi harga pembuatan katalog. Jadi, sebagai pengusaha hendaknya anda mengetahui hal tersebut sebelum berkomentar bahwa harga pembuatan katalog terlalu mahal.

 

 

 

 

Leave a Comment