Contoh Katalog Dilihat dari Sudut Pandang Pemahaman

Contoh katalog produk memang sangat banyak sekali. macam macam katalog biasanya di sesuaikan dengan tujuan dan produk yang akan di iklankan oleh pemilik usaha. Dengan banyaknya jenis katalog, juga memudahkan kita sebagai konsumen untuk menentukan pilihan produk yang tepat. Adapun jenis katalog sangat bervariasi tergantung dari sudut pandang pemahaman.  Ada yang melihat dari sudut pandang jenis produk, bentuk, dan fungsi. Dalam artikel ini kita akan membahas semuanya.

Contoh Katalog yang pertama yaitu dilihat dari produk. Katalog dari produk biasanya terbagi menjadi beberapa macam. Ada Katalog produk pakaian yang berisi tentang produk pakaian. Katalog bangunan yang meliputi berbagai macam bahan bangunan dan asesoris interior maupun eksterior rumah. Katalog yang selanjutnya yaitu katalog kosmetik yang berisi tentang produk alat kecantikan. Banyak sekali yang lain, sesuai dengan produk yang di masukkan dalam katalog. Dalam katalok produk, satu buku mencangkup satu jenis produk saja.

Katalog yang dilihat dari segi bentuk. Dilihat dari segi bentuk biasanya dibagi menjadi dua yaitu lembaran dan buku. Katalog lembaran biasanya di konsep untuk menampilkan produk produk supermarket maupun toko minimarket. Tentunya kita pernah menjumpai yang seperti itu. Biasanya ada agen yang menyebarkan katalog ini di jalan raya atau memberikan dengan gratis setiap lembar. Sedangkan katalog buku biasa digunakan oleh perusahaan tertentu untuk membukukan produknya. Hal ini bertujuan agar agen lebih mudah dalam proses pengiklanan terhadap konsumen. Sedangkan isi yang didalamnya hamper sama dengan katalog lembaran. Bedanya satu halaman memuat satu produk.

Katalog dari segi fungsi di bedakan menjadi dua yaitu pengiklanan dan presentasi. Katalok dengan fungsi iklan biasa di konsep dalam bentuk buku, online, dan juga lembaran. Untuk aplikasinya dilakukan oleh para agen dari perusahaan tersebut yang bertugas menyebar ke seluruh wilayah. Selain itu aplikasinya juga bisa lewat papan iklan, internet dan juga bertemu langsung dengan calon pembeli. Berbeda dengan katalog presentasi, katalog ini berbentuk powerpoint yang digunakan sebagai media presentasi agen terhadap calon kolega di dalam bentuk seminar maupun rapat. Media ini biasa digunakan oleh perusahaan produk yang sangat besar dan ternama.

Itulah contoh katalog dilihat dari berbagai sudut pandang pemahaman seseorang. Jadi banyak sekali contoh dan jenisnya. Semoga ilmu ini bermanfaat bagi para pembaca

 

.

Leave a Comment