4 Faktor yang Menentukan Harga Desain Katalog

Harga desain katalog merupakan hal yang harus di wajib di perhatikan ketika menjadi seorang desainer. Ini bisa saja karena jenis proyek dalam cakupan desain yang sangat bervariatif. Selain itu pemahaman dan pendapat masyarakat yang masih dangkal terhadap apa itu desain. Menurut kita, tidak ada peraturan baku yang bisa diterapkan dalam menentukan harga desain catalog. Tetapi, ada beberapa faktor yang wajib dipertimbangkan ketika menentukan harga desain katalog. Semoga hal  ini membantu para desainer grafis yang sedang kebingungan dalam menentukan harga desain.

Ada beberapa faktor yang bisa dipertimbangkan dalam menentukan harga desain katalog  dalam sebuah proyek desain grafis :

  1. Keahlian dari desainer

Untuk menentukan harga desain dari catalog yang kita kerjakan adalah dengan memikirkan, sejauh mana keahlian kita dibidang desain katalog? Adakah perbedaan yang menjadi keunggulan kita dengan desain lain?  Maka dari situ kita bisa menyimpulkan bahwa semakin tinggi keahlian kita maka semakin mahal juga harga yang kita berikan.

  1. Pengalaman menjadi desainer

Kemampuan desain seseorang biasanya akan terus berkembang seiring waktu berlalu. Dari sini kita dapat mempertimbangkan ketika menentukan harga desain sebuah pesanan katalog.

  1. Waktu yang dihabiskan dalam proses desain katalog.

Waktu merupakan faktor penting yang wajib dipertimbangkan dalam menentukan harga desain. Sebagai desainer kita juga harus menentukan harga sesuai dengan waktu yang kita perlukan. Ini dikarenakan untuk menyesuaikan penggunaan tenaga dan waktu agar seimbang sesuai target yang kita harapkan. Dengan harga yang seimbang maka kita tidak merasa membuang waktu secara percuma hanya dengan satu proyek saja.

  1. Tingkat kesulitan proyek katalog

Setiap pesanan desain selalu berbeda tingkat kesulitan yang akan dialami. Maka sebagai desainer wajib memperhatikan hal tersebut dengan teliti. Jika desainer mematok harga yang sama, desainer akan mengalami kerugian baik secara uang, tenaga dan waktu.

Demikian ulasan tentang faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan harga desain katalog. Berbagai macam faktor tersebut tentunya sangat berpengaruh terhadap harga yang akan diberikan kepada pemesan. Jadi kita para desainer harus bisa memperhatikan hal tersebut.

Leave a Comment